Yuk Simak Tips untuk Menghasilkan Print Kain yang Terbaik Disini

Dunia bisnis merupakan salah satu hal yang digeluti oleh banyak orang. Dengan mengetahui trik dalam berbisnis juga akan membuat anda memperoleh banyak keuntungan. Salah satu bidang yang dapat digeluti pada dunia bisnis tersebut adalah jasa cetak kain. Jasa cetak atau print kain yang ada juga diketahui memiliki banyak konsumen di pasaran. Mari simak tips apa saja yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan kain printing yang terbaik berikut ini.

Tips untuk Menghasikan Kain Printing Terbaik
1. Melakukan Perbandingan Warna dari Corak Kain
Tips pertam yang dapat anda lakukan adalah dengan membandingkan warna yang ada. Warna yang dimaksudkan disini adalah warna yang terdapat pada LCD komputer. Terkadang warna kain hasil cetakan akan berbeda dengan tampilan pada LCD yang ada sebelumnya. Hal ini tentu saja harus dihindari. Oleh karena itu, anda perlu melakukan penyesuaian dari warna kain di LCD dengan warna hasil keluaran printer yang ada.

2. Memperhatikan Jenis Kain yang Digunakan
Untuk mendapatkan hasil print kain yang terbaik anda juga harus memperhatikan jenis kain yang digunakan. Anda dapat menggunakan jenis kain dari bahan canvas, katun, drill, jersey, satin, dan juga chiffon. Dengan jenis kain tersebut akan menghasilkan hasil cetak kain yang terbaik. Corak yang ada akan lebih tahan lama dan tidak mudah luntur setelah dicetak dengan mesin printing. Hal ini tentu saja akan memiliki nilai lebih di mata para konsumen.

Kain jenis organdi juga dapat dicetak dengan teknik printing dengan hasil yang baik. Jenis kain organdi sendiri juga dapat digunakan untuk beragam jenis pakaian. Misalnya adalah untuk gaun yang digunakan di acara resmi. Jenis kain yang digunakan juga akan mempengaruhi beberapa hal di dalam teknik ini. Misalnya adalah akan berpengaruh pada waktu pengerjaan dari proses yang ada.

3. Memilih Mesin Cetak yang Terbaik
Juga terdapat cara lain untuk mendapatkan kain dengan teknik print kain yang terbaik. Tips tersebut adalah dengan memilih mesin yang akan digunakan untuk memproses kain yang ada. Pilihlah mesin printer khusus kain yang berkualitas untuk menghasilkan cetakan yang terbaik pada kain. Pastikan pula bahwa printer yang anda pilih memang dirancang untuk mesin digital textile untuk kain.

4. Memilih Jenis Tinta yang Paling Tepat
Tak hanya mesin dan kain saja, bahan lain yang juga tidak boleh luput dari perhatian adalah tinta untuk kain yang akan digunakan. Anda dapat memilih jenis tinta yang dibuat khusus untuk memberi corak pada kain. Pada umumnya terdapat dua jenis tinta yang sering digunakan pada perusahaan jasa cetak kain. Jenis tinta tersebut adalah tinta tekstil dan juga tinta latex.

Setiap tinta yang ada juga memiliki kelebihan masing masing. Tinta jenis latex lebih sesuai digunakan untuk bahan yang cenderung lentur. Misalnya adalah bahan dari transign dan juga kulit. Sementara untuk jenis tinta tekstil akan menghasilkan hasil berupa motif yang lebih memukau untuk print kain. Tinta tekstil tersebut juga lebih aman digunakan karena telah melalui proses sertifikasi sebelumnya.

Dengan mengetahui tips yang ada diharapkan akan membuat anda dapat menghasilkan kain printing dengan kualitas terbaik. Tips tersebut antara lain adalah melakukan perbandingan warna, memperhatikan jenis kain, memilih mesin terbaik, dan juga memilih tinta yang digunakan. Tak hanya itu, untuk menghasilkan produk kain yang diberi warna dengan teknik printing anda juga sebaiknya melakukan banyak latihan untuk menambah pengalaman.