Kenali 6 Gejala Terbaru Covid-19 Yang Sering Tidak Disadari Versi SehatQ.Com

Hampir seluruh negara di dunia ini sedanga dihadapkan oleh pandemic Covid-19 yang entah itu kapan akan berkahir. Karena sudah berjalan hampir satu tahun, tentunya public sudah cukup menyadari tentang apa saja yang menjadi gejala dari penyakit ini. Contoh umumnya saja seperti sesak nafas, sakit tenggorokan, demam, nyeri otot hingga kemampuan indra penciuman yang hilang.


Hingga kini, virus corona ditetapkan  menjadi salah satu Direktori Penyakit yang membahayakan manusia. Disamping itu, anda mungkin pernah mendengar jika belakangan ada gejala-gejala baru yang terungkap. Lalu apa saja gejala-gejala baru tersebut?


1.    Masalah pencernaan
Penelitian terbaru yang telah dilakukan para ilmuwan mengklaim, jika sebagian besar pasien yang terkena virus corona tidak memiliki masalah pernafasan. Namun beberapa dari mereka justru menderita gejala-gejala penyakit gastrointestinal, seperti mual, muntah dan diare. Adapun jumlah temuan awal pasien yang memiliki gejala ini sebnayk 4 persen dari total keseluruhan. Lalu setelah dilakukan penelitian lanjutan, angka tersebut naik mencapai 11% dan bisa saja naik hingga mencapai 60%.


2.    Silent hypoxia
Gejala selanjutnya yang cukup membuat aneh para tim dokter adalah silent hypoxia. Pada gejala ini terjadi infeksi kronis pada paru-paru pasien serta tingkat oksigen yang rendah. Namun anehnya pasien yang justru terkena gejala ini tidak merasa memiliki masalah pernafasan sama sekali. Kebanyakan dari pasien ini awalnya dilaporkan mengalami gejala batuk, demam sakit perut hingga kelelahan.


3.    Dehidrasi dan lemah
Beberapa manula dilaporkan seperti pasien yang trauma ketika mengetahui bahwa dirinya terpapar virus corona. Mereka menjadi sangat lamh bahkan untuk berdiri dan berjalan mereka pingsan. Awalnya ini Nampak seperti gejala stoke, namun setelah dilakukan pengujian penyebab perubahan ini adalah efek sistem syaraf pusat dari virus tersebut.


4.    Rasa kebingungan yang parah
Selain kelelahan, banyak juga manula yang terkana virus corona dilaporkan mengalami disorientasi atau kebingungan yang parah. Kondisi tersebut biasanya disertaui dengan demam dan masalah pencernaan. Penyebab utama dari rasa bingung yang parah ini adalah kurangnya oksigen yang mengalir pada otak karena kadar dalam darah rendah.


5.    Stroke dan pembekuan darah
Gejala virus corona terbaru yang sangat mematikan yakni berkaitan dengan pembekuan darah yang tidak normal. Dari penelitian berupa hasil otopsi yang dilakukan kepada pasien Covid 19 ditemukan hasil. Bahwa terdapat gumpalan kecil di beberapa organ yang menyebabkan disfungsi organ-organ tersebut. Gumapalan ini akan sangat berbahaya jika terjadi pada pembuluh darah orak yang menyebabkan stroke.


6.    Gejala berlanjut
Menurut organisasi badan kesehatan dunia (WHO)orang yang terkena virus corona akan sembuh dalam jangka waktu 2 minggu. Namun pada kasus infeksi yang lebih parah setidaknya membutuhkan waktu 3-6 minggu untuk bisa mereda. Tetapi ada juga beberapa pasien yang melaporkan jika dirinya bahkan melewati batas 30 hari sejak tes negative terhitung. Jika gejala awal dimana saat anda tekena virus corona berlanjut, maka hal ini juga bisa menjadi gejala bahwa anda terinfeksi virus ini lagi.


Karena virus corona masuk dalam direktori penyakit yang mematikan, maka jika anda merasakan gejala-gejala yang mirip dengan gejala penyakit tersebut. Langkah tepat yang harus diambil adalah segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan mengetahui gejala apa saja yang muncul sejak dini, maka akan menjadi cara yang efektif untuk anda melindungi diri.